Wednesday, May 7, 2014

Cerita Kehamilan

Beberapa bulan terakhir banyak ditanyain orang tentang resep keberhasilan saya. Mumpung lagi ada waktu kosong, saya mau berbagi sedikit cerita tentang kehamilan saya.
Sebelumnya saya merupakan istri dari seorang suami yang amat sangat sabar. Kami menikah 2010 akhir dan sempat hamil pertama beberapa bulan setelah menikah. Postnya bisa dibaca disini :)
Selang kejadian tersebut, kami santai menghadapi kenyataan bahwa saya tidak langsung hamil. Bahkan kebanyakan mereka yang mengalami hal tersebut bisa langsung hamil. Satu hal positif yang bisa saya petik adalah saya sempat hamil berarti saya dan suami memang dalam keadaan sehat walafiat yang Insya Allah suatu saat nanti pasti bisa menjadi orangtua sungguhan.

Berjalannya waktu karena kami berdua sama-sama berkarir, banyak impian yang kami kejar ketimbang memikirikan kapan saya hamil lagi. Mulai dari planning punya rumah sendiri, lulus kuliah, jalan-jalan, ganti kendaraan, banyaklah rencana-rencana indah yang kami berdua susun. Sampai akhirnya kami baru sadar bahwa kami sudah memasuki pernikahan tahun ketiga. Iya tahun ketiga.
Tahun pertama usia pernikahan kalau ditanya orang kapan punya anak, kami bilang nanti dulu, mau pacaran dulu, mau senang-senang dulu even ga nunda sama sekali :) *masih bisa senyum lebar*
Tahun kedua usia pernikahan kalau ditanya orang kapan punya anak, kami bilang nanti dulu, mungkin disuruh beli rumah dulu *mulai aga nyebelin*
Tahun ketiga usia pernikahan alhamdulillah kami sudah bisa membeli rumah kecil untuk calon keluarga kecil kami nanti. Jadi kalau ditanya ya jawab aja, ini baru mau usaha dirumah baru :p *sombongdikit*

Pernah suatu ketika, setelah saya update status bbm mengucapkan wedversarry ke suami saya, ada temen yang langsung bbm "wah lama juga ya lu nikah wi, kapan tuh punya anaknya?" saya jawab, andai ga pake indent pasti langsung saya beli, andai besok jadi, pasti saya bikin hari ini! *kesel* *nyebelin* *tersinggung* tapi apa daya saya hanya mampu bbm balik "doain aja ya :)"
Klise memang.
Jadi kadang suka ngerasa sebel sama yang nanya "kapan hamil"? kalau tahu kapan dikasihnya juga pasti dikasih tahu, tapi menurut saya itu juga tidak sopan karena bukan urusan kamu! #sensi

Jujur kadang suka iri sama yang saudara, teman, yang hari ini nikah, ga lama udah hamil. Atau sebel sama pasangan ga bertanggung jawab yang bikin anaknya ga pake planning, eh jadi. Even jadinya MBA, Nauzubillah sih ya.
Kadang juga jadi bertanya ke Allah SWT, kenapa kami yang meminta dengan sungguh-sungguh, dengan niat yang baik malah belum diberi kepercayaan. Kenapa? Apakah kesungguhan kami kurang?
Tapi abis itu sadar sendiri, baru nunggu 3 tahun aja udah lebay, mengutuki nasip, ga bersyukur, padahal selama hidup dikasih nafas, rizky, dll tapi Allah SWT ga pernah ngedumel, ga pernah minta ganti, ga pernah hitung-hitungan. JLEB!!

Usaha? Mungkin kami bukan termasuk pasangan yang ngoyo usaha ini itu. Sebelumnya saya sempat mencoba bubuk kurma dicampur madu yang katanya berkhasiat untuk kesuburan. Suami cek lab tentang kesehatan reproduksinya dan hasilnya ga masalah, namun dia tetap minum vitamin penambah kesuburan.
Urut dengan istilah "benerin rahim" juga udah. Even ga sering sih. Dikasih daun-daunan juga. Ngitung masa menstruasi buat nyari tanggal subur juga udah sampai eneg-eneg, yang ada di php-in mulu setiap bulan. Olahraga, lari, fitness buat buang lemak karena katanya orang yang kelebihan berat badan salah satu faktor menghambat untuk bisa punya anak even nyatanya banyak yang gendut dan bisa punya anak 2-3 malah, sampai disamperin tetangga baru buat sekedar nanya "udah mau punya anak belum? mau coba obat ini? adik saya langsung hamil. Banyak yang udah coba"  cuma bisa senyum kecut jawabnya.
Sempat terpikir mungkin kondisi fisik yang selalu sama-sama cape karena tuntutan kerjaan dan sadisnya jalanan, kepengen resign. Mungkin bisa lebih fokus. Tapi sayanya ga betah, cuti beberapa hari aja bawaannya pengen keluar rumah mulu. Jarang nyambung juga kalau ngobrol ama tetangga. Aduh bukan emak-emak banget deh :p akhirnya ya pending dan pending sampai sekarang.
Konsultasi kedokter?? cari dokter yang bagus yang mensupport, nanya-nanya tentang inseminasi buatan, intinya secara medis-lah mau kita seriusin karena emg berasa banget kalau tinggal berdua itu sepi, apalagi semenjak pindah rumah. Bukannya ga bahagia cuma mungkin kalau ada si kecil rumah jadi lebih berwarna. Masa yang dikangenin anak orang terus, anak sendiri donk harusnya. Lagian kalau punya anak semua-muanya bikin semangat, kerja semangat, ngurus rumah semangat, pokoknya saya merasa kalau saya sudah siap lahir bathin! (padahal masih sering kabur kalau liat pup keponakan :p) dan saya yakin jika suatu hari nanti saya pasti bisa hamil. Bisa!

Sampai suatu hari disaat saya sedang tidak memikirkan tentang anak karena masih keasikan euforia pindahan rumah, otak atik rumah, beli ini itu, tetangga sebelah rumah yang sudah punya anak ngasih kabar kalau dia hamil! Deg!! Sedih banget deh dengernya, jadi keingetan lagi "oh iya ya, dia udah mau 2 loh ditahun ke 3 pernikahan, terus gw kapan? padahal umur ga beda jauh" nangis bombay deh. Nangis mah udah biasa kali ditahun pertama dan kedua pasti tiap bulan drama banget. Kebetulan haid saya juga tidak lancar, kadang maju kadang mundur, jadi mungkin itu yang susah untuk menetukan masa subur. Tapi kali ini bener-bener nangis, bener-bener baru sadar kalau waktu tuh cepat banget berlalunya.

Untuk menghibur hati yang gundah gulana, saya booking tiket berlibur bersama suami, itung-itung honeymoon. Tapi entah kenapa dalam hati saya yakin bahwa pasti liburan ini akan tertunda tapi gak tau kenapa. Passport udah saya bikin, udah cek penginapan dan bikin plan jalan-jalan. 
Tepatnya bulan januari 2014, 6 bulan setelah pindah rumah, haid terakhir itu datang. Harusnya Feb saya haid sekitar tgl 10 ya ngaret-ngaretnya 3-7 hari lah. Lah ini udah mau 2 minggu kok ga kunjung datang. Apalagi pas urus passport, eneg dan mual rasanya liat kerumunan orang banyak, bau rokok, cepat lapar. Pokoknya ga biasanya.
Kepekaan sangat dibutuhkan disini. Biasanya kalau saya haid pasti jerawat kumpul berjamaah, loh ini kok g ada sama sekali. Perut nyeri tapi ya biasa aja.  Bilang suami cuma dibales gini "ah kamu kan biasa telat, tunggu ajalah" -.-
Akhirnya saya nekad.Kenapa nekad? karena saya kekantor dan mobilitas sehari-hari menggunakan motor secara jakarta macetnya sadis, nah mengantisipasi hal-hal yang mustahal makanya saya nekad aja, -/+ disyukurin aja deh.
Kebetulan ada sisa testpack dirumah, tgl 17 februari saya TP dan hasilnya diluar dugaan, sekali pake langsung kelihatan hasilnya.




Langsung deh nangis dikamar mandi sesegukan, ga percaya. Serius! Rasanya tuh luarr biasaaa.. Teriak-teriak histeris manggil suami dan dia cuma jawab "OH, Alhamdulillah"
Ishh.. menyebalkan ya yang namanya lelaki ga bisa banget lebih ekspresif gtu? Tapi bodo lah yang penting positif even masih samar cuma samarnya nyata dan saya yakin kalau saya hamil!
Sebelum berangkat kekantor surprise suami meluk dari belakang dan bilang "kamu tahu gak, sebenarnya aku tuh senang banget loh, saking senengnya sampai ga bs berkata apa-apa"
Huaaaa.. mewek lagi kan tuh. Ternyata ish ternyata suami akoh lomantiss... *kecupss* dan alhamdulillah kami diberikan jalan dengan cara yang alami seperti yang saya impikan ;)

Seminggu setelah itu saya cek kebidan terdekat sambil mencari dokter yang bagus disekitar rumah. Hasilnya dibidan di TP ulang dan positif dengan garis nyata dua-duanya, katanya umurnya 8 minggu. Alhamdulillah. Tapi jujur saya belum lega karena masa lalu masih terus membayangi-bayangi saya. Saya tetap ngotot harus segera pergi ke dokter untuk di usg apakah janin saya sehat-sehat saja? Akhirnya saya ketemu dengan Dr.Sri RS Bunda Aliyah. Alhamdulillah beliau pro normal dan orangnya sabar, termasuk dokter senior dan atas rekomendasi beberapa forum dan pengalaman nyata adik saya yang lahir dibantu beliau, saya mantap pilih beliau sebagai obygn saya.
Di RS saya di usg perut dan hanya terlihat kantung janin, padahal harusnya 8 minggu sudah terlihat janin. DEG! Tiba-tiba bayangan masa lalu muncul :( Iya dulu saya begitu, usg 7 minggu namun belum kelihatan janinnya :(
Akhirnya saya usg "dalam" dan alhamdulillah janinnya kelihatan. Bentuknya lucu kaya kacang, masih kecil banget :D denyut jantungnya juga sudah kedengaran :) usia janin menurut mesin usg masih 6 minggu yang berarti janin saya alhamdulillah sehat walafiat. Senyum lebar sepanjang jalan :D vitamin dan makan-makanan bergizi saya santap mumpung simual belum datang :D





Jadi rahasianya apa?? Pasrah :)
Seinget saya selama saya pindah rumah, saya mulai menerapkan pola hidup sehat. Beberapa kali kerajingan olahraga, dan saya usahakan setiap hari memasak sarapan dan makan siang sendiri. Lebih sehat dan lebih berkualitas tentunya tanpa vetsin.

Dan alhamdulillah sampai tulisan ini selesai, saya dan anak saya dalam keadaan sehat walaafiat.
Ini hasil usg terakhir , lucunya ya si cimut (panggilan kesayangan) buang muka ga mau lihat bundanya, pasti gara-gara ngambek bundanya belum sempet sarapan pas kontrol kandungan hehehe..


Semoga cerita ini bisa menjadi kenangan yang nantinya mungkin dibaca oleh anak saya bahwa bundanya sangat menginginkan kehadirannya sebelum dirinya hadir.
Untuk semua pasangan yang sudah menikah dan belum dikarunia anak, tetap semangat. Allah SWT akan memberikan sesuatu untuk umatNYA disaat yang DIA kehendaki, bukan kita ingini. Yang terpenting tetap yakin dan berpositif thinking bahwa suatu saat kita pasti bisa hamil even kita ga tahu kapan :) Mumpung sekarang bulan Ramadhan, jangan lupa banyakin berdoanya tapi jangan ditungguin juga kapan doa kita dibales :D
Support suami sangat penting dalam kondisi seperti ini, drama pasti jadi lebay kalau suami gak bisa ngimbangin perasaan istrinya.
Selamat berusaha buat teman-teman yang sedang ikhtiar. Semoga segera diijabah doanya oleh Allah SWT :)

Salam
DA






No comments:

Post a Comment