Monday, December 30, 2013

Banana Cake with LOVE

Ini dibuat seminggu yang lalu dengan memanfaatkan 2 buah pisang dirumah yang sangat kematangan :D
Cek kulkas, bahan-bahan yang dibutuhkan ada, so tinggal niat aja kan ya :P
Sejujurnya ketika membuat banana cake ini saya aga deg-deg ser karena suami saya tidak terlalu suka dengan kue yang rasanya terlalu manis. Jadi beberapa bahan dari resep contekan saya modifikasi. Hasilnya not bad. Bawa kekantorpun testimoninya bikin senyum-senyum hehehe..
Pada dasarnya cake ini memiliki rasa yang sudah manis, namun untuk penggemar rasa manis banget kek saya *makanya gendut* :p , saya berikan hiasan coklat leleh pada cake.
Yuk dicek resepnya. Mudah banget buat pemula kaya saya :p


 Bahan :

150 gram pisang dihaluskan (kira-kira 2 buah pisang ukuran sedang dan dihaluskan dengan sendok)
180 gr tepung terigu
150 gr gula pasir (resep asli 180 gram)
3 butir telur (usahakan telur tidak dalam keadaan dingin *jika dari kulkas*)
120 gr mentega yang dilelehkan (resep asli menggunakan minyak goreng)
1 sdt cake emulsifier (semacam TBM dll)
1 sdt baking soda (ini saya skip)
2 sdm susu bubuk ( saya menggunakan 1 bungkus susu Danco* bubuk)
keju / kismis/ almond untuk taburan (saya coklat leleh) 


CARA MEMBUAT 

1. Panaskan oven pada suhu 170 C, olesi loyang dengan margarin dan taburi sedikit terigu.
2. Kocok emulsifier, telor, dan gula hingga mengembang (kurleb 30 menit menggunakan hand mixer) lalu tambahkan campuran terigu dan susu bubuk seditik demi sedikit diselingi dengan margarin cair. Kocok dengan speed  rendah dan hingga tercampur rata.
3. Tuang adonan ke dalam loyang dan taburi dengan hiasan ( kalau saya setelah kue mateng dan dingin baru dihias dengan coklat cair)
4. Oven selama 40-45 menit.
5. Tusuk menggunakan tusuk gigi, apabila tidak ada yang menempel berarti kue telah matang.

and tadaaa hasilnyaa 
Ini penampakan kue setelah dikeluarkan dari loyang, bagian atasnya aga kecoklatan karena saya oven selama 45 menit, next time 40 menit cukup kayanya. Tergantung kondisi oven masing-masing :)

Dan ini penampakan kue setelah dingin dan saya hias dengan coklat cair 

Alhamdulillah sold out hehehe.. Btw bukannya alay ya menggunakan loyang love ini, karena dirumah saya loyang kuenya terbatas, maklum belum sempet bebelian hehehe..

Selamat mencoba ;)

No comments:

Post a Comment