Monday, August 11, 2014

Realistis

Iseng banget sambil nunggu makan siang dateng, boleh deh ngoceh bentar yaa hehhee..

Jakarta, kota dengan seribu impian, harapan, namun juga cobaan. Semua orang berlomba-lomba untuk menaklukan "kejamnya" kota Jakarta.
Secara casing hidup dijakarta mungkin sungguh kece berat. Kerja kantoran, punya rumah, mobil, jalan-jalan ke mol yang berjejer disetiap jalanan Ibukota, tapi hai, sayangnya gak semuanya terlihat lebih mudah jika logika ini berjalan.

Even setiap orang berlomba-lomba untuk meningkatkan taraf hidup yang lebih baik, jalannya ga selalu lurus. Pergi pagi dalam keadaan masih "gelap" untuk menghindari macet, pulang boro-boro bisa cepet yang akhirnya ketemu si "gelap lagi". Bokong tepos karena kelamaan duduk di kendaraan, adu emosi saling salip kanan kiri. Riweuhh, cape, dll..
Tapi kenapa setiap hari tetap dijalanin? karena itu pilihan yang kita ambil.

Pengen punya mobil keren tapi kerjanya duduk dirumah ngelamunin tuh mobil aja, apa bisa?
Minta sama sodara, teman, atau atasan *ya keleus* untuk sumbangan keinginan pribadi, bisa?
Yap, semuanya kudu pake usaha permirsah.. Even belinya pake pinjeman-pun, ada cicilan yang harus dibayar. So, kalau cuma berpangku tangan, ngarepin belas kasihan dari orang, jadi aja sana pengemis dipinggir jalan. Lebih besar penghasilannya tapi harga diri dimata Tuhan dan manusia ga ada. Iyaa, kan masih sehat, malu donk ah ama kakek nenek yang tetap usaha even jualan aqua gelas sekalipun dipinggir lampu merah, tapi mereka tetap USAHA.

Liat kondisi kaya gini, jadi makin mikirin pola asuh ngedidik anak supaya ga salah arah (duile, calon emak sok-sokan :p) Supaya si anak tahu bahwa apa-apa yang dia dapat semuanya dari hasil usaha. Usaha Ayah Bundanya bekerja pagi malam demi memberikan yang terbaik buat anaknya. Memberikan pengertian ke anak bahwa apa yang dia dapat harus dihargai betul even cuma seperak nilainya.

Satu yang pasti, belajar hidup realistis tidak mudah memang. Namun memang harus realistis pada kenyataannya jika keinginan terlalu tinggi sedangkan kenyataan tidak memadai, belajar untuk mengukur kemampuan diri sendiri (sambil curhat shoppingholic :p) daripada jadi gila, ish serem. Udah terlalu banyak orang gila di Jakarta, Nauzubillah deh ya. Makanya belajar bersyukur yuk, banyak-banyakin bersyukur agar rizky yang Allah SWT selalu dicukupkan kepada kita berapapun itu sambil banyak-banyak lihat "kebawah" bahwa kita masih jauh lebih beruntung daripada mereka :)


Jangan sampai ya nak nanti kamu jadi anak yang mudah putus asa, gampang nyerah, dan akhirnya ngerengek meminta-minta..


Oke deh selamat santap siang...

Salam
DA



No comments:

Post a Comment